Quotes

"Jika kamu tak sanggup menahan lelahnya BELAJAR, maka kamu harus sanggup menahan perihnya KEBODOHAN" (Imam Asy Syafii)

Rabu, 27 Mei 2020

Teknologi Text to Speech dan Speech to Text

Cendikian...

Pernahkah kamu merasa ingin tahu suatu cerita namun malas membaca? Ataukah ingin menulis tapi tidak punya waktu mengetik? Harus buka laptop, komputer, nulis di buku takut hilang...
Tenang, sekarang ada teknologi speech to text dan text to speech. 


Teknologi ini memungkinkan kita membaca tanpa menggunakan mata, tapi telinga...alias dibacain sama orang lain, hihi...
Tak kalah juga kita bisa menyimpan tulisan-tulisan kita mengenai apapun tanpa harus mempunyai pulpen, hehe...
Langsung saja kita simak mengenai aplikasi speech to text dan text to speech ini


Terdapat banyak aplikasi Speech to Text, diantaranya bisa diunduh di Play Store, Google Store dan dipergunakan dalam android. Contoh aplikasinya adalah Speech to Text oleh Xenom Apps, Transkripsi Instan oleh Google Research, Voice Notebook oleh Simple Seo Solutions, Speech to Text oleh STCodesApp, Speech to Text Converter oleh Nazmain Apps, dan masih banyak lagi

Sementara itu dalam aplikasi text to speech, biasanya mempunyai keunikannya sendiri. Dalam mengubah suatu tulisan ke dalam suara kita boleh memilih input text berupa buku, novel, ataupun catatan sendiri. Untuk suara yang digunakan untuk membacakan text sendiri, biasanya kita bisa memilih terlebih dahulu karakter yang diinginkan. Ada suara yang ringan, sedang, berat juga husky dari wanita/ laki-laki dan jangan lupa pilih dahulu bahasa yang dipakai karena akan menentukan aksen pada saat membaca teks.

Contoh aplikasi text to speech ini adalah Text to Speech (TTS) oleh TK Solution, Talk Free oleh Abast Multimedia, TTS Reader oleh Hyperionics Tech, Narrator's Voice oleh Escolha Tech dan lain sebagainya. 


Agar lebih jelas, berikut saya mempraktekkan penggunaan StoText dan TtoSpeech ini dalam bentuk video. Mari kita simak bersama tutorial nya dalam link di bawah ini ya!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar