Quotes

"Jika kamu tak sanggup menahan lelahnya BELAJAR, maka kamu harus sanggup menahan perihnya KEBODOHAN" (Imam Asy Syafii)

Selasa, 26 Mei 2020

Referensi Belajar di Website Rumah Belajar



Cendikian,
Akhir-akhir ini pemerintah melalui KEMDIKBUD menggalakkan berbagai platform belajar baik sumber maupun perangkat belajar secara digital. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan jarak dan waktu yang tak terbatas. Jarak dan waktu kita untuk belajar sesuatu harus dihilangkan sehingga belajar semakin merdeka. Salah satu fasilitas website yang disediakan adalah Rumah Belajar. Rumah Belajar ini sudah mulai happening dari awal tahun 2019 dengan mengangkat konten-konten materi belajar dari mulai PAUD, TK, SD, sampai SMA/SMK. Nah bagi yang belum pernah berkunjung ke website nya, saya akan mengulas mengenai konten-konten di Rumah Belajar ini

Selamat menyimak....


Pertama-tama kalian harus sign up terlebih dahulu dalam site rumah belajar. Terdapat 2 pilihan untuk daftar baru yaitu "sebagai guru" atau "sebagai murid", jika sebagai guru maka akan dipinta NUPTK, bagi yang belum mempunyai NUPTK tenang saja...anda bisa mengisi dengan nomor asal karena isian ini tidak link dengan sistem veripikasi NUPTK, hanya saja kolom harus diisi


Selanjutnya kalian akan melihat beranda dengan pilihan menu utama di kiri atas ditandai dengan garis bertumpuk tiga. Dalam beranda ini kita langsung disuguhi dengan konten-konten video terbaru dari berbagai jenjang pendidikan. Lalu dalam menu utama tersedia pilihan konten untuk jenjang pendidikan, umum, link terkait, dan statistik.





Nah jika kamu sudah sign up/ terdaftar, kamu boleh lho berkontribusi memasukkan konten mu sendiri dalam rumah belajar. Fasilitas ini tersedia di menu utama dan konten saya. Dengan memilih tambah konten, terlebih dahulu kalian harus mengisi profil kontennya seperti nama, label, kategori, keterangan, jenis konten dan lainnya.





Konten yang diperbolehkan ditambahkan terdapat dua jenis, yaitu konten digital berupa video dan konten web berupa situs berbagi yang bisa direferensikan oleh rumah belajar. Jika kita mempunyai web pribadi yang isinya mendalami pengetahuan dan turunannya, maka kita bisa mempromosikannya menjadi salah satu konten dalam Rumah Belajar ini. Caranya adalah dengan klik menu utama lalu konten web - tambah web. 




Oya, untuk memasukkan konten pribadi dalam Rumah Belajar ini jangan lupa dibaca Syarat dan Ketentuannya ya. Konten dalam Rumah Belajar ini diharuskan orisinal dan tidak melanggar hak cipta, relevan serta tidak mengandung unsur SARA. 




Hingga April 2020, konten dalam Rumah Belajar sudah mencapai 2962 konten dengan 255 kontributor, diantaranya BPMRPK Kemdikbud, TV Edukasi Pusdatin, Pustekkom MM Web, Direktorat PSMK, dan masih banyak lagi.



Demikian sedikit ulasan mengenai belajar di Rumah Belajar. Secara keseluruhan menurut saya Rumah Belajar ini sangat asyik dan menyenangkan untuk dieksplor, namun sayangnya konten untuk SMK masih kurang banyak apalagi dalam jurusan-jurusan tertentu. Belajar di Rumah Belajar ini seperti kita memasuki sebuah perpustakaan yang isinya digital, tidak perlu kita baca cukup kita tonton dan simak. Menarik! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar