Quotes

"Jika kamu tak sanggup menahan lelahnya BELAJAR, maka kamu harus sanggup menahan perihnya KEBODOHAN" (Imam Asy Syafii)

Minggu, 12 April 2020

Resensi Neraca Pendidikan Daerah 2018







Judul: Neraca Pendidikan Daerah  2018 Provinsi Jawa Barat
Penerbit : Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Tahun Terbit: 2018


NPD merupakan platform informasi tentang potret kinerja pendidikan pada suatu daerah yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan. NPD ini dimaksudkan untuk menampilkan dan menyajikan potret, informasi, dan kondisi capaian pendidikan suatu daerah. NPD ini menampilkan Neraca Pendidikan secara Nasional, Provinsi Jawa Barat, dan 27 Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Barat.

1. Neraca Pendidikan Nasional





Dalam neraca pendidikan nasional paling pertama diperlihatkan kemajuan rerata lama sekolah yang meningkat tiap tahunnya dari 7,95 tahun 2016 menjadi 8,10 di tahun 2017. APBN 2018 sebesar 20% dianggarkan untuk pendidikan adalah Rp2.220,1 T yang diiperuntukkan kepada seluruh provinsi Indonesia. Dilaporkan juga realisasi Program Indonesia Pintar, Data Pendidikan Daerah, dan Rasio Pendidikan yang mencakup Guru:Siswa, Guru PNS:Siswa, Rombel:Siswa, dan Ruang Kelas:Rombel.
Akreditasi sekolah secara nasional juga ditampilkan dalam setiap jenjang seperti SD, SMP, SMA, dan SMK. Selain itu Akreditasi PAUD dan PNF. Selain itu terdapat data siswa putus sekola dan mengulang, kualifiasi guru, guru tersertifikasi, guru menurut usia, pelaksanaan UNBK, hasil Ujian Nasional, dan Indeks Integritas Ujian Nasional.

2. Neraca Pendidikan Daerah Provinsi Jawa Barat 2018







Dalam Neraca Pendidikan Daerah Provinsi Jawa Barat 2018, pertama-tama ditampilkan komposisi pendanaan pendidikan APBD 2018 dimana tren alokasi anggaran urusan pendidikan di luar transfer daerah meningkat menjadi 15,52% dari 8,76%. Ditampilkan juga perbandingan anggaran urusan pendidikan tiap provinsi, yang mana Prov Jabar menduduki peringkat ke 10 yaitu 15,52%. Data pendidikan daerah menampilkan data satuan pendidikan dari mulai PAUD, SD, sampai SLB. Selebihnya ditampilkan sama seperti neraca nasional yaitu data siswa putus sekola dan mengulang, kualifiasi guru, guru tersertifikasi, guru menurut usia, pelaksanaan UNBK, hasil Ujian Nasional, dan Indeks Integritas Ujian Nasional tujuannya untuk membandingkan rasio daerah dan pusat.

 



NPD Daerah Kab. Bogor 2018 mencantumkan Pendanaan Pendidikan yang terdiri dari Non Urusan Penddikan , Dana Daerah, dan Transfer Daerah. Dimana Dana Transfer Daerah Bid Pendidikan terdiri dari DAK Fisik, TPG, Tamsil, Tunjanan Khusus Guru, DAU, dan BOP PAUD. Ditampilkan juga perbandingan anggaran urusan pendidikan tiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. Data pendidikan daerah menampilkan data satuan pendidikan dari mulai PAUD, SD, sampai SLB. Selebihnya ditampilkan sama seperti neraca provinsi yaitu data siswa putus sekola dan mengulang, kualifiasi guru, guru tersertifikasi, guru menurut usia, pelaksanaan UNBK, hasil Ujian Nasional, dan Indeks Integritas Ujian Nasional tujuannya untuk membandingkan rasio daerah dan pusat.

Keseluruhan isi dibuat seragam dan sedemikian rupa agar tiap data yang ada bisa diperbandingkan dan menjadi salah satu acuan kebijakan pemangku kepentingan pendidikan yang ada di Jawa Barat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar