Quotes

"Jika kamu tak sanggup menahan lelahnya BELAJAR, maka kamu harus sanggup menahan perihnya KEBODOHAN" (Imam Asy Syafii)

Kamis, 09 Juni 2022

Koneksi Antar Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya




Tujuan Pembelajaran Khusus:  

  1. CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.
  2. CGP mampu membuat rencana perubahan secara rinci dengan menggunakan format BAGJA.


Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 

Kesimpulan tentang Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya adalah seorang pemimpin haruslah bisa berfikir secara aset based thinking yaitu berfikir secara positif dalam menggali dan menganalisa potensi-potensi sumber daya yang ada di lingkungannya.
Selanjutnya pemimpin pun haruslah bisa dan belajar memanfaatkan dan memberdayakan aset- aset tersebut dengan baik.
Dengan berbekal pendekatan berbasis aset maka implementasi saya sebagai pemimpin pembelajaran yaitu saya harus selalu berpikir positif, dan berusaha untuk bisa mengindentifikasi bakat dan potensi murid saya yang ada di kelas. Misalnya saya sebagai Guru Produktif dan wali kelas haruslah berusaha mengidentifikasi bakat dan potensi aset murid saya yang sesuai kodrat dan zamannya. Selain itu saya juga berlatih untuk peka pada perkembangan zaman dan teknologi digital generasi Z sebagai anak yang lebih familiar dengan teknologi dan pembelajaran berbasis digital, misal menggunakan sumber belajar dari internet dan media sosial seperti You tube, Blog, Tiktok, Instagram, Facebook, canva, pict art.

Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.   

Bila seorang guru sudah peka dalam mengidentifikasi 7 sumber daya yaitu modal manusia, sosial, fisik, lingkungan, finansial, politik, agama dan budaya yang ada di sekitar lingkungan sekolah, maka hal tersebut bisa kita sinkronkan untuk merancang pembelajaran yang berkualitas dan berdampak pada murid. 

Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.

Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan KHD : 
Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan berpikir berbasis aset

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak : 
Menjadi pemimpin pembelajaran dengan mengidentifikasi dan mengoptimalkan 7 aset

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak : 
Demi tercapainya visi ke depan, maka pengidentifikasian 7 aset utama sekolah menjadi langkah awal

Modul 1.4 Budaya Positif: 
Salah satu aset manusia adalah murid, tentunya kita harus mengajarkan kepada semua peserta didik budaya positif, agar bisa diamalkan dan menjadi kebiasaan yang baik, dan tentunya akan sangat membantu tercapainya pembelajaran yang berkualitas dan berpihak pada murid.

Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi: 
Pembelajaran berdiferensiasi bisa menggunakan salah satu aset utama sekolah jika kita peka

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional: 
Pembelajaran sosial emosional melatih empati dan saling menghormati sehingga setiap individu peka dan dapat berfikiran berbasis aset

Modul 2.3 Coaching: 
melalui rangkaian coaching seorang guru bisa ikut terlatih dalam menggali 7 aset utama pembelajaran

Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran : 
Kemampuan seorang pemimpin pembelajaran dalam pengambilan keputusan akan mempengaruhi pencapaian tujuan maksud pendidikan.  Sebab dalam perjalanannya akan berhadapan dengan situasi dilema etika maupun bujukan moral. Dengan pengetahuan pengambilan keputusan yang baik, maka seorang pemimpin pembelajaran akan mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah-langkah pengambilan keputusan. Dengan demikian pemimpin dapat melakukan pemetaan aset dengan tepat dan dapat diberdayakan secara optimal.

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya : 
Kemampuan seorang pemimpin pembelajaran dalam mengelola 7 aset/ modal utama di daerah/ sekolahnya adalah sebuah kekuatan untuk pencapaian tujuan pendidikan yakni mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (wellbeing). 

Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

Saya merasa ada perubahan paradigma baru dalam berfikir dan menghadapi sesuatu hal, bagaimana kita memandang suatu hal bukan sebagai suatu masalah tetapi suatu tantangan. Dengan mengedepankan positive thinking dan optimisme, maka semua hal bisa dijalani dengan dinamis. 

Buatlah rencana kecil perubahan yang akan Anda lakukan pada diri Anda yang berkaitan dengan materi dalam modul ini dan mengimplementasikan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. 

Prakarsa Perubahan 
Membiasakan murid dalam kegiatan pembelajaran berbasis digital melalui pembuatan infografis

Buat rancangan dengan model BAGJA

B-uat pertanyaan (Define)

Pertanyaan 

Apa yang harus saya lakukan supaya murid terbiasa dengan pembelajaran berbasis digital?

Jawaban : Mengaitkan pembelajaran aplikasi pengolah presentasi dengan aplikasi-aplikasi berbasis yang sering dipakai 

Bagaimana cara supaya murid terbiasa dengan pembelajaran berbasis digital?

Caranya dengan memberikan sumber belajar berbasis internet, tagihan yang berupa digital.


A-mbil pelajaran (Discover)

Pertanyaan 

Apa saja yang bisa dilaksanakan dalam mengaitkan pembelajaran presentasi dengan aplikasi pengolah presentasi?

Jawab : pembelajaran dikaitkan dengan informasi dan kekinian dan disajikan dengan media presentasi mudah dibaca dan menarik

Persiapan apa yang harus kita lakukan sebelum merancang pembelajaran berbasis digital?

Jawab: Mengoptimalkan kemampuan literasi dan mengintisarikan sebuah bacaan


G-ali mimpi (Dream)

Pertanyaan

Harapan apa yang ingin diraih bila pembelajaran berbasis digital tercapai?

Jawaban : Harapan yang akan diraih adalah semua peserta didik mempunyai skill ketrampilan digital dan presentasi yang bisa digunakan di dunia kerja

Siapa yang akan dilibatkan dalam berkolaborasi untuk mewujudkan pembelajaran berbasis digital?

Jawaban : Semua murid dan guru SIMDIG

Kapan kegiatan ini akan dimulai?

Jawaban : Pada saat pembelajaran Teknologi Perkantoran


J-abarkan rencana (Design)

Langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran berbasis digital?

Jawaban: Langkah yang akan dilakukan :

Membuat sumber bacaan yang akan diintisarikan sebagai point

membuat panduan teknis infografis


Apa indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berbasis digital?

Indikator keberhasilannya dalah adanya produk karya nyata berupa infografis


A-tur eksekusi (Deliver)

Siapakah yang terlibat dan apa perannya masing-masing dalam mewujudkan rencana ini?

Kepala sekolah sebagai pimpinan managemen sekolah

Guru SIMDIG yang akan mendukung rencana ini 

Wali kelas untuk berkolaborasi dalam melakukan tagihan

Apa bentuk refleksi yang dilakukan murid dalam pembelajaran berbasis digital?

Jawaban: Guru menyediakan kolom refleksi untuk ditulis oleh murid, sehingga Guru mengetahui kendala kesulitan murid

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar